PART 2: Jogja Lebih Dari Sekedar yang Kamu Tahu


            Hai! Apa kabar? Semoga kalian selalu dalam lindungan Allah SWT. Sesuai yang aku bilang di part pertama, sekarang aku mau cerita tentang kota tempat aku dibesarkan. Jogja.
            Sebelum kalian mengenal lebih dekat tentang Jogja, kalian harus tau dulu wilayahnya dimana. Apalagi buat kalian yang mau deket sama anak Jogja wkwk. Tentunya harus tahu, dong. Jadi, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu propinsi di Jawa, sebelah selatan Jawa Tengah. Punya empat kabupaten (Gunungkidul, Sleman, Kulonprogo, Bantul) dan satu kotamadya (Kota Yogyakarta). Karena DIY terbagi atas beberapa daerah, aku mau ngenalin sedikit ke kalian. Kotamadyanya, maupun kabupatennya.
            Kenapa disebut daerah istimewa? Ya, karena Jogja istimewa hehehe. Bercanda tapi serius. Kalian yang udah pernah belajar sejarah pasti tahu lah ya. Tapi coba aku ulas sedikit di sini barangkali ada yang belum tahu. Sebenernya nggak cuma Jogja. Ada propinsi lain yang bisa disebut sama istimewanya seperti Jogja. Lanjutnya, kalian bisa liat di UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
            DIY ini disebut daerah istimewa karena sejarahnya. Sejak zaman dulu, Jogja ini sistem pemerintahannya berupa kerajaan yang disebut Kasultanan Ngayogyakarto dan Pakualaman. Nah, waktu Indonesia merdeka, Yogyakarta lebih memilih untuk menjadi bagian dari NKRI daripada memisahkan diri. Sultan Hamengku Buwono IX dan Paku Alam VIII mengatakan, “Bahwa Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat jang bersifat keradjaan adalah daerah istimewa dari Negara Republik Indonesia.”
“Bahwa kami sebagai Kepala Daerah memegang segala kekuasaan dalam Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat, dan oleh karena itu berhubung dengan keadaan pada dewasa ini segala urusan pemerintahan dalam Negeri Ngajogjakarta Hadiningrat mulai saat ini berada di tangan kami dan kekuasaan-kekuasaan lainnja kami pegang seluruhnya.”
Waw nggak sih? Di saat ada kesempatan untuk merdeka sendiri bersama daerah lain bekas jajahan Belanda, Jogja lebih memilih untuk jadi bagian NKRI. Hehehe, cukup ya sejarahnya. Yang masih penasaran bisa searching di Google.
“Orang Gunungkidul yang hitam punggungnya. Orang Bantul pipi sebelah kanan. Orang Kulonprogo wajahnya hitam semua. Orang Sleman yang hitam pipi sebelah kiri.” Pernah denger? Cuma mau kasih tahu aja sih, siapa tau ngerti maksudnya hehehe.
Oke. Sekarang kita mulai masuk ke bagian, “Ada apa di Jogja?” Kita mulai dari kabupaten paling Timur ya. Gunungkidul. Kalau kalian mau ke pantai, Gunungkidul ini masternya. Ngecamp oke, sunset oke, sunrise oke, snorkeling oke. Pokoknya oke banget buat kalian anak pantai. Di sini juga ada air terjun. Oya, salah satu makanan khas Gunungkidul adalah walang goreng. Jangan lupa cobain ya, yang suka makanan kaya gitu.
Bantul sama Kulonprogo juga ada air terjun, apalagi pantainya, loh. Pantai Parangtritis yang terkenal itu, ada di Bantul. Yang ada bukit paralayangnya. Tau kan? Yang terkenal itu loh, yang tempatnya oke banget buat liat sunset. Aku belum pernah ke sana sih, hehe. Tapi ini serius. Temenku ada yang sering ke sana, sering bikin snapgram. Aku yang ngeliat bener-bener bagus bangeett. Recommended deh. Kalau aku, terakhir kali liat sunset yang berhasil adalah ketika aku masih duduk di bangku SD di Pantai Parangkusumo (sebelahnya Parangtritis). Itu nggak kalah bagus kok. Apalagi nonton sama orang yang disayang. Kalau di Kulonprogo kalian bisa ke Pantai Glagah yang terkenal pemecah ombaknya dan sunsetnya yang juga menawan. Aku pernah sekali mau liat sunset di situ tapi gagal karena emang cuacanya nggak mendukung. Jadi intinya, jika kalian ingin melihat sunrise, sunset, harus tahu cuaca wkwk. Cobain undur-undur goreng, ya!
Kalau kalian mau makan seafood, Pantai Depok bisa jadi salah satu tujuannya. Kalian bisa pilih manapun yang kalian suka. Mungkin juga waktu ada festival layang-layang di Parangtritis kalian bisa mampir.
Yang anak gunung jangan kecewa. DIY punya  Sleman. Di sana ada Kaliurang. Dingin, sejuk banget pokoknya. Di sana banyak wisatanya juga, salah satunya buat kalian yang suka offroad. Nah, beli sate kelinci jangan lupa! Kulonprogo juga punya datararan tinggi. Kalibiru salah satunya. Bagus sih pemandangannya waktu aku terakhir kali ke sana. Cuma katanya habis direnovasi. Jadi mungkin lebih bagus dari yang aku liat dulu. Ke atas dikit nanti ada bukit teh.
Terakhir, Kotamadyanya nih. Yogyakarta. Malioboro? Bringharjo? Kraton? Tamansari? Udah nggak asing lagi kan? 
Kalau kalian mau ke angkringan, dimana-mana ada. Di sudut kota pun pasti ada. Di Jogja semua dijamin murah. Jadi, nggak usah khawatir kantong kalian bolong nantinya.
Pesenku sih, buat kalian wisatawan yang mau datang ke propinsi ini, selalu jaga sikap ya. Nggak cuma kalau ke Jogja aja sih. Kemana pun kalian berada, kalian harus bisa jaga sikap. Karena itu bukan wilayah kalian sendiri. Jaga sikap, sopan santun. Jangan lupa tersenyum, karena orang Jogja asli raman-ramah orangnya. Siap-siap saja kalian tersihir senyuman mereka wkwk.
Oke, cukup sekian dulu sedikit sekali sharing dari aku. Mungkin cerita-ceritaku tadi bisa menambah ide kalian untuk memutuskan pergi berlibur kemana. Kalau ingin tau lebih jauh sebuah tempat, kalian bisa searching di google. Karena aku nggak mungkin menyebutkan semuanya di sini. Makasih sudah membaca blogku, sampai jumpa di post berikutnya. J




Tangerang Selatan, 2 Juni 2018

Komentar